Tempat wisata terfavorit di jogja

By | February 1, 2018

Tempat wisata di Jogja

Yogyakarta merupakan sebuah kota wisata dengan budaya yang khas  dan selalu meninggalkan kesan meanrik dihati dan tidak pernah sepi dari turis, baik turis domestik maupun mancanegara, terutama di hari-hari libur.

Menjadi sebuah kota istimewa jogja mempunyai tempat wisata yang menarik dan sangat patut untuk dikunjungi.

Para wisatawan yang mengunjugi jogja bukan hanya para wisatawan yang berasal dari local saja, dari mancanegrara pun banyak yang berkunjung untuk menikmati liburannya di kota yang unik ini.

Disamping destinasi wisata peninggalan sejarah dan budaya yang menjadi pendukung pariwisata di Yogyakarta ada juga pendukung pariwisata lainnya yaitu destinasi wisata berbasis Kreatifitas yaitu wisata yang tercipta dari kreatifitas masyarakat setempat sehingga menghasilkan sebuah destinasi baru untuk di kunjungi sebagai contohnya adalah wisata Goa Pindul di kabupaten Gunung Kidul yang kini menjadi wisata favorit orang ke Yogyakarta sehingga banyak wisatawan yang berdatangan ke Goa Pindul untuk menikmati destinasi baru tersebut.

Jika anda ingin berlibur ke jogja dan mencari paket wisata jogja yang murah anda bisa mengunjungi paket wisata jogja  .

Berikut adalah  tempat wisata yang ada di Jogja yang harus anda kunjungi, yang mempunyai keistimewaan dan mempunyai ciri khas masing masing dan begitu dikenal oleh wisatawan dalam negeri maupun wisata mancanegara, tempat wisata itu adalah:

1. Candi Borobudur


Candi borobudur adalah incaran bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara karena dengan keunikannya yang sangat menarik, Candi borobudur adalah mahakarya terbaik yang pernah menjadi 7 keajaiban dunia dari banyaknya tempat tempat wisata yang ada di dunia.

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berlokasi di kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

2. Pantai parangtritis


Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pukul 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam atau yang disebut dengan menuju senja adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini karena pada waktu waktu tersebut keindahan pantai ini terlihat indah rupawan.

Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling populer yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Keindahan pantai ini mampu menarik perahtian para wisatawan yang berkunjung ke parangtritis, mereka merasa terkesan dengan keindahan pantau nya dan membuat mereka ketagihan selepas pulang dari parangtritis ingin mencoba mengunjunginya lagi.

3. Alun Alun Kidul


Di siang hari tempat ini tidak terlalu rame, tapi begitu menjelang malam tempat ini luar biasa kerameannya, Pada masa lalu, Alun-alun kidul yogyakarta ini banyak digunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan prajurit keraton, berbagai kegiatan latihan digelar.

Alun-alun Kidul dapat dengan mudah dijangkau dari manapun karena berlokasi di belakang Keraton Yogyakarta yang notabennya jantung kota Yogyakarta.

4. Malioboro


Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini.

Saat ini, Jalan Malioboro tampak lebih lebar karena tempat parkir yang ada di pinggir jalan sudah dipindahkan ke kawasan parkir Abu Bakar Ali. Sehingga, untuk para pejalan kaki jadi lebih leluasa karena trotoar di Jalan Malioboro bisa digunakan sepenuhnya.

Tempat ini sangat menarik perhatian karena saking raimanya pengunjung yang datang, mereka yang berkunjung bisa menikmati keramaian dan dagangan dagangan yang di jajarkan di sepanjang jalan malioboro.

5. Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark

wisata jogja
Tempat wisata di Jogja yang relatif baru ini menawarkan beraneka ragam permainan air yang cukup menantang dan menyenangkan. Ada berbagai wahana permainan air yang tersedia, baik yang ditujukan untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Oleh karena itu, tempat wisata di Jogja ini sangat cocok menjadi tempat berlibur anggota keluarga pada akhir pekan.

Yang ingin merasakan suasana air ketika sedang berkunjung ke jogja maka tempat ini cocok untuk di kunjungi karena banyak wahana wahana menarik didalamnya.

6. Candi Prambanan


Tempat wisata yang satu ini adalah tempat yang bagus dan sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur di jogja dan bersenang senang.

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Candi ini sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, mereka yang mengunjungi candi ini pasti terkesan melihatnya karena keindahannya.

Demikian beberpa tempat wisata yang berada di daerah istimewa jogyakarta yang begitu menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *